Pengertian, Penyebab, Gejala Dan Cara Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus

Sekilas Penjelasan Tentang Penyakit Diabetes Melitus

diabbetes melitusDiabetes Melitus (DM) Adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin. Diabetes melitus disebut juga penyakit kencing manis. Dalam kamus besar bahasa Indonesi, definisi kencing manis adalah penyakit yang menyebabkan air kencing yang diproduksi bercampur zat gula. Adanya kadar gula yang tinggi dalam air kencing dapat menjadi tanda-tanda gejala awal penyakit Diabetes Melitus.

Insulin adalah sejenis hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Penurunan sekresi insulin biasanya disebabkan oleh resistensi insulin dan kerusakan sel beta pankreas. Pada penderita penyakit diabetes melitus, tubuh pasien tidak dapat memproduksi atau tidak merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas. Kekurangan insulin membuat tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel. Sehingga respon yang diterima oleh tubuh adalah rasa lapar dan haus. Namun semakin banyak karbohidrat yang dimakan, maka akan semakin tinggi penumpukan glukosa dalam darah. Kondisi inilah yang kemudian di sebut sebagai penyakit kencing manis atau Diabetes Melitus

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus :

Penyebab Pembentukan diabetes yang utama adalah karena kurangnya produksi insulin (diabetes melitus jenis 1, yang pertama dikenal), atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2, bentuk yang lebih umum). Selain itu, terdapat jenis diabetes melitus yang juga disebabkan oleh resistansi insulin yang terjadi pada wanita hamil.

Jenis 1 membutuhkan penyuntikan insulin, sedangkan jenis 2 diatasi dengan pengobatan oral dan hanya membutuhkan insulin apabila obatnya tidak efektif. Diabetes melitus pada kehamilan umumnya sembuh dengan sendirinya setelah persalinan.

Berikut Beberapa Gejala Diabetes Melitus :

  • Kelelahan yang berlebihan
  • Peningkatan buang air kecil
  • Hausm mulut terasa kering
  • Penurunan berat badan
  • Sering lapar
  • Penglihatan kabur
  • Perasaan kebingungan
  • Kerentanan terhadat infeksi tertentu

Cara Pencegahan Penyakit kencing manis

piramida makanan untuk penyakit daibetes

Cara Mencegah Penyakit kencing manis yaitu dengan menghindari berbagai jenis makanan yang terlalu banyak mengandung glukosa, dan berbagai jenis makanan olahan yang tinggi glukosa, serta rajin berolah raga dan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari. terutama untuk anda yang beresiko tinggi terkena DM. terlebih apabila orang anda menderita Kencing manis berarti resiko untuk terkena Dm dua kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki status kesehatan keluarga yang menderita dm.

Selain itu mengontrol berat badan juga penting dalam rangka mencegah terjadinya penyakit dm ini, lakukan pengecekan kadar gula darah untuk mengetahui berapa tinggi glukosa dalam darah dan bisa melakukan pencegahan. sedangkan untuk mereka yang sudah terkena penyakit DM. lakukan pola hidup sehat, jaga asupan kalori, batasi jumlah porsi makanan

Baca Juga Artikel Tentang :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *